PDAM Droping Tanki Air ke Pasar Pagi

Air bersih sebanyak 4.000 liter dikirim PDAM Tirta Dharma Grobogan ke Pasar Pagi, Jumat (24/2). Satu tangki air didrop ke tandon yang berada di belakang pasar.

Kelangkaan air di pasar tersebut terjadi karena pompanya mati dan kini telah diperbaiki. Sebagai langkah antisipasi, PDAM memberikan air tersebut secara cuma-cuma.

Direktur PDAM Tirta Dharma Grobogan, Bambang Pulunggono mengatakan, pengiriman air tersebut merupakan bagian dari program PDAM Peduli. ”Kami sekadar membantu pedagang untuk mencukupi kebutuhan airnya.

Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan dengan baik,” katanya, Jumat (24/2). Bambang mengatakan, dirinya melihat di Pasar Pagi belum ada cadangan air baku yang memadai, sehingga hidran umum sebagaimana di Pasar Agro yang ada di depannya diperlukan.

”Kalau tidak ada air, pedagang yang kesulitan,” imbuhnya. Pompa Diperbaiki Kepala UPTD Pasar Pagi, Paiman mengatakan, pompa yang rusak telah diperbaiki oleh kontraktor, karena masih masuk masa perawatan.

Selama tiga hari saat pompa mati, pihak paguyuban pedagang berusaha mencari sumber air. Air diperlukan untuk membersihkan los basah dan kebutuhan kamar mandi. ”Di sini memang belum ada sambungan PDAM.

Kalau mau mengadakan sambungan silakan berkoordinasi dengan dinas,” ungkapnya. Dijelaskannya, pengeboran sumur telah dilaksanakan empat hari sejak Senin-Kamis (20-23/2). Tiga sumur dibor dan memperoleh satu sumber, namun debitnya kecil.

Paguyuban pedagang juga membeli tandon air ukuran 3.000 liter untuk menampung cadangan air. ”Paguyuban pedagang mengeluarkan biaya untuk mengupayakan air sekitar Rp 10 juta selama proses pengeboran dan pembelian tandon,” ujarnya. ( Sumber Berita Suara Merdeka )

FOLLOW ME