Kebocoran Pipa PDAM Tak Ditemukan

Para pekerja membongkar aspal untuk mencari sumber genangan air di Jalan Gajahmada, Purwodadi, Sabtu (11/2). Genangan di dekat Simpanglima Purwodadi tersebut, mengganggu pengendara dan warga serta menggerus aspal.

Direktur PDAM Tirta Dharma Grobogan, Bambang Pulunggono mengatakan, dari hasil pemeriksaan, sumber genangan bukan berasal dari pipa transmisi yang bocor. Setelah dibongkar hingga kedalaman 2,5 meter dari aspal, tidak ditemukan pipa yang bocor. “Selama ini sumber genangan dikatakan dari pipa PDAM.

Kami periksa ternyata tidak ada,” ujarnya, Minggu (12/2). Bambang mengatakan, selama pemeriksaan, aliran air ke pelanggan dihentikan sementara, yakni mulai pukul 08.00 sampai 15.00.

Namun, setelah itu dialirkan kembali setelah dipastikan tidak ada kebocoran pada pipa. Pipa transmisi tersebut mengalirkan air baku dari instalasi pengolah air ke pelanggan di Purwodadi bagian barat.

Pihaknya menyediakan air baku yang diangkut dengan tangki untuk daerah yang alirannya dihentikan. “Sempat keluar air dari lokasi pembongkaran, tapi dari saluran drainase, bukan dari pipa,” imbunya.

Bermula Pengaduan

Dijelaskan, pembongkaran aspal tersebut bermula dari pengaduan masyarakat ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Grobogan, terkait genangan di jalan. Sumber genangan diprediksi berasal dari pipa transmisi.

Genangan telah ada selama enam bulan terakhir. “Kami mendapat surat dari warga soal keluhan genangan. Akhirnya diputuskan dalam rapat untuk membongkar aspal. Setelah selesai, kami tutup kembali lokasi galian,” ungkapnya.

Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan, Anang Armunanto yang ikut memantau pembongkaran mengatakan, langkah tersebut terpaksa dilakukan. Namun, setelah diketahui tidak ditemukan pipa bocor, dampaknya pada pengeluaran perusahaan.

“Kondisi pipanya memang sudah lama. Jadi baru kali ini dibongkar. Biaya perawatan memang mahal,” katanya.

FOLLOW ME